Desa Pacor, Kembangkan UMKM Bolen Pisang

By ADMIN 30 Jul 2018, 16:11:52 WIB Pemerintahan
Desa Pacor, Kembangkan UMKM Bolen Pisang

Keterangan Gambar : Forkopimda Kabupaten Purworejo Hadiri Rakor di Desa Pacor, Kecamatan Kutoarjo (18/7)


Jajaran Forkopimda Kabupaten Purworejo menyelenggarakan kegiatan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Desa Pacor Kecamatan Kutoarjo, Rabu, 18/7. Kegiatan rutin yang silenggarakan oleh bagian Sekretariat Daerah dan Forkopimda kali ini bertema Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan UMKM Wilayah. Kegiatan rutin ini dilakukan secara bergantian di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo.

Menurut Camat Kutoarjo, Sumarjono, S.Sos menuturkan kegiatan dari Forkopimda ini untuk mengetahui langsung kegiatan di desa guna meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Selain itu, kegiatan di desa khususnya UMKM diharapkan dapat berkembang sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Sumarjono juga mengharapkan adanya pendampingan dari dinas terkait untuk menggandeng pihak-pihak yang dapat menggunakan produk UMKM dari Desa Pacor.

Sumharjono, S.Sos. MM, pimpinan rombongan menuturkan, kegiatan Forkopimda ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pembangunan yang ada di Kabupaten Purworejo. Pembangunan ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan menuntaskan kemiskinan. Beberapa upaya yang dilakukan pemerintah dalam hal ini yakni pemberian bantuan, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan UMKM, dan dukungan-dukungan lainnya.

Sumharjono juga mensosialisasikan program di tahun 2019 mengenai inkubasi bisnis dari Dinas KUKMP, yakni program pendampingan pelaksanaan bisnis mulai dari bahan baku hingga pemasaran. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pengentasan kemiskinan melalui UMKM. Sumharjono berharap, Desa Pacor Kecamatan Kutoarjo dapat segera mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mewadahi berbagai produk hasil UMKM desa serta menjaga perputaran perekonomian di desa.

Salah satu pelaku usaha UMKM bolen pisang, Nur mengungkapkan bahwa setiap harinya, Nur memerlukan 100 sisir pisang raja dan 50 kg terigu dalam sekali produksi. Nur sangat mendukung adanya rencana pembuatan sentra pisang untuk menopang kebutuhan bahan baku. Pasca koordinasi ini, rencananya desa Pacor akan dikembangkan sebagai tempat penanaman pohon pisang jenis raja yang ada di Kabupaten Purworejo.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment