Dinas Kominfo Ikuti Evaluasi SAKIP Pemkab Purworejo

By ADMIN 27 Agu 2019, 19:36:36 WIB Kegiatan
Dinas Kominfo Ikuti Evaluasi SAKIP Pemkab Purworejo

Keterangan Gambar : Dinas Kominfo Ikuti Evaluasi SAKIP Pemkab Purworejo, Selasa (20/08)


Plt Kepala Dinas Kominfo Drs. Sigit Budimulyanto, MM menghadiri Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pada Selasa (20/7). Kegiatan yang berlangsung di ruang VIP tersebut dihadiri oleh tim Evaluasi SAKIP, Inspektorat Provinsi Jawa Tengah dan beberapa Kepala Perangkat Daerah di Kabupaten Purworejo.

Muryanto menyampaikan dasar dari evaluasi SAKIP adalah Perpres tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Dalam evaluasi ini, Muryanto menjelaskan kelemahan dari penetapan implementasi sakip antara lain adanya sasaran yang tidak berorientasi hasil dan ukuran kinerja yang tidak jelas. 

Sesuai Perpres, tujuan implementasi SAKIP ialah menilai kinerja instansi pemerintah yang memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kinerja dan penguatan akuntabilitas instansi pemerintah. Berdasarkan penilaian tersebut, hasil capaian Pemerintah Kabupaten Purworejo  pada tahun 2015 dan 2016 yaitu C dengan nilai 53,6 dan 50,92. Untuk tahun 2017 masih C dengan nilai 56,74, namun pada tahun 2018 meningkat menjadi B dengan nilai 61,68.

Sekda Purworejo Drs Said Romadhon menuturkan bahwa setiap laporan memiliki madapnya masing-masing. Sekda Purworejo mengusulkan agar pembuatan laporan dilakukan oleh satu agar tidak melelahkan dalam pembuatan laporan.  Pada kesempatan kali ini, Sekda juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Purworejo memiliki satu visi, melalui tujuh misi, dengan 20 tujuan dan 27 sasaran dengan 33 indikator sasaran dan 108 program.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment