Dinkominfo Kab. Purworejo adakan Study Banding ke Dinkominfo Kabupaten Bojonegoro

By ADMIN 11 Des 2017, 20:33:11 WIB Pemerintahan
Dinkominfo Kab. Purworejo adakan Study Banding ke Dinkominfo Kabupaten Bojonegoro

Sebagai tindak lanjut dari saran Komisioner KIP Jawa Tengah saat melakukan supervisi PPID di Kabupaten Purworejo. Sekaligus juga dalam rangka meningkatkan kapasitas pengelolaan urusan kominfo, urusan statistik dan urusan persandian secara keseluruhan di Dinas Kominfo Kabupaten Purworejo. Dinkominfo Kabupaten Purworejo adakan Study Banding ke Kabupaten Bojonegoro.

 

Rombongan terdiri dari Dinas Kominfo serta 2 (dua) OPD mewakili OPD yang lain sebagai subsistem dalam peningkatan keterbukaan informasi dan komunikasi publik. Yaitu Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) serta Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kegiatan tersebut berlangsung tanggal 12 dan 13 Oktober 2017.

 

Dalam keterangan singkatnya, Kabid Statistik Data dan Teknologi Informatika, Sri Palupi, SE, M.Si., menyampaikan bahwa dalam mengembangkan keterbukaan komunikasi dan informasi publik, Bupati Purworejo berupaya mendorong terwujudnya Purworejo smartcity secara umum serta e-learning pada urusan pendidikan. Dimana sebagai modal dasar dari pengembangan smartcity 2016-2021 tersebut terutama adalah adanya upaya pengembangan pemerintahan berbasis elektronik yang sebenarnya upayanya sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu seiring dengan diterbitkannya beberapa peraturan per UUan dari pemerintah pusat terkait pemerintahan berbasis elektronik. “Dalam rangka mengemban tugas-tugas tersebutlah, kami berupaya mencari pola2 pengelolaan terbaik (best practise) yang telah berhasil dikembangkan kabupaten/kota lain, diantaranya adalah Kabupaten Bojonegoro yang setahu kami juga menjadi salah satu kabupaten percontohan untuk rencana aksi Open Government Indonesia 2016-2017”, imbuh Sri Palupi.

Adapun kegiatan yang dipelajari dari Kabupaten Bojonegoro antara lain, Kebijakan Dan Tata Kelola TI di Kab. Bojonegoro, Pembangunan Big Data dan Revolusi Data, Pembangunan Big Data dan Revolusi Data, Grand Design TIK Kabupaten Bojonegoro Proses pemerintahan terbuka Kabupaten Bojonegoro, Cara Bojonegoro mendenggarkan dan Connect dengan Masyarakat, dan Alur Proses Pengaduan Masyarakat Sistem Integrasi Aspirasi Pengaduan.

Untuk agenda tanggal 13 Oktober 2017 pada pukul 08.00 WIB., Pemda Kabupaten Purworejo berkesempatan mengikuti laporan rutin capaian kinerja semua OPD yang dilaksanakan setiap hari jum’at dan dipimpin langsung Bupati Bojonegoro. Namun pada kesempatan tersebut beliau Bupati Bojonegoro masih tugas ke Jakarta sehingga dipimpin oleh Asisten II dan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment