Dinkominfo Kabupaten Purworejo Selenggarakan Sosialisasi Penyusunan Daftar Informasi Publik

By ADMIN 02 Apr 2018, 21:24:38 WIB Kegiatan
Dinkominfo Kabupaten Purworejo Selenggarakan Sosialisasi Penyusunan Daftar Informasi Publik

Sebagai upaya untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik yaitu transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo pada tanggal 15 Maret 2018 bertempat di Ruang Rapat Dinas Kominfo menyelenggarakan acara Sosialisasi Penyusunan Daftar Informasi Publik dan SOP PPID bagi PPID Utama dan PPID Pembantu Kabupaten Purworejo. Hadir pada kesempatan ini, selaku narasumber adalah Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, Drs. Sosiawan dan Asisten Komisioner, Rahajeng Wulandari, SH.

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo yang diwakili oleh Sekretaris Dinas, Ir. Suparno, MM. didampingi Kepala Bidang Komunikasi Informasi dan Persandian, Fithri Edhi Nugroho, SE.,MM., Kepala Seksi Pelayanan dan Pengelolaan Informasi, Edy Suprono, SH., dan Kepala Seksi Persandian Telekomunikasi dan Diseminasi Informasi, Purnomo Adi, A.Md.  dihadiri oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Kabupaten Purworejo yang berjumlah 42 orang.

Sosiawan mengatakan bahwa “informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu Badan Publik yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik wajib dipublikasikan selain dengan informasi yang dikecualikan oleh Undang-Undang”. Disampaikan pula bahwa penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) terdiri dari Informasi Yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala, Informasi Yang Wajib Tersedia Setiap Saat dan Kelompok Informasi Yang Dikecualikan digunakan sebagai salah satu jalan bagi OPD untuk memberikan informasi secara terbuka kepada publik karena ini merupakan bentuk pelayanan publik dalam bidang informasi.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo, melalui Kepala Bidang Komunikasi Informasi dan Persandian, Fithri Edhi Nugroho, SE.,MM. mengharapkan bahwa para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di masing-masing OPD dapat secara aktif untuk memberikan informasi yang update dan terpercaya, khususnya sesuai dengan tupoksi OPD masing-masing. Fithri Edhi Nugroho juga berharap bahwa Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dapat melakukan audiensi ke pemangku kebijakan di daerah dengan maksud untuk dapat memberikan dukungan kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo agar lebih maju dalam menyajikan data serta berita yang informative dengan dukungan infrastruktur, program dan SDM yang benar-benar mumpuni.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment