Dinkominfo Purworejo Ajak KIM Banyuyoso Ikuti Bimtek Pemberdayaan

By ADMIN 17 Jul 2019, 14:53:55 WIB Kegiatan
Dinkominfo Purworejo Ajak KIM Banyuyoso Ikuti Bimtek Pemberdayaan

Keterangan Gambar : Diskusi Dalam Kegiatan Bimbingan Teknologi Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat, Kamis (11/07)


Pentingnya penyebaran informasi di masyarakat terutama pada era 4.0, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di setiap desa perlu merubah paradigma dari penyebaran informasi offline menjadi online. Hal ini disampaikan oleh Gun Gun Siswandi, staf ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa dalam kegiatan bimbingan teknologi pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Hotel Santika Yogyakarta pada Kamis (11/07).

Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Kominfo se DIY dan Jateng serta perwakilan KIM dari Kabupaten/Kota. Gun Gun menambahkan, fungsi dari KIM untuk menjembatani informasi antara pemerintah dengan masyarakat. Selain itu, KIM juga mendeseminasikan informasi yakni menyusun informasi dan mendistribusikannya ke masyarakat. Pada kesempatan ini, Kepala Bidang Komunikasi, Informasi dan Persandian Dinas Kominfo, Dwijo Mudiarto, S.Sos, MM mengajak KIM Banyuyoso untuk mengikuti bimtek.

Sedangkan untuk kegiatan pemberdayaan, Murtono, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa menyampaikan bahwa dana desa (DD) dapat dimanfaatkan dalam kegiatan KIM. Pemanfaatan tersebut dalam bentuk pengadaan, pembangunan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana informasi dan komunikasi antara lain jaringan internet warga desa, website desa, pengeras suara, telepon umum, maupun radio. Selain itu, pengelolaan informasi dan komunikasi juga dapat dilakukan oleh KIM seperti sistem informasi desa, koran desa, website desa, radio komunitas dan pengelolaan informasi lain sesuai kebutuhan desa. 

Selain itu, perwakilan KIM juga dibekali dengan cara pembuatan konten media sosial yang kreatif dan strategi pemanfaatan media sosial dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Diharapkan KIM dapat lebih aktif dalam menyebarkan berbagai informasi di masyarakat. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment