Diskominfo Ikuti Comday Penerapan Single Sign On

By ADMIN 23 Mei 2019, 11:48:50 WIB Kegiatan
Diskominfo Ikuti Comday Penerapan Single Sign On

Keterangan Gambar : Kegiatan Comday , Menerapkan Single Sign On dengan OAuth untuk Integrasi Aplikasi pada Kamis (16/05)


Diselenggarakan oleh Inixindo Jogja, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo mengikuti kegiatan Comday dengan tema "Menerapkan Single Sign On dengan OAuth untuk Integrasi Aplikasi", Kamis (16/05) lalu. Kegiatan ini membahas tentang integrasi aplikasi dan analisis pemanfaatan OAuth sebagai teknologi untuk menerapkan Single Sign On (SSO) pada aplikasi-aplikasi yang sudah ada. Hadir dalam kegiatan ini Kasi Teknologi Informatika, Rahayu Slamet, ST., M.Eng dan Kasi Statistik dan Pengelolaan Data, Liliana Yuni K, S.Kom.

Kegiatan ini mengenalkan manfaat dari konsep SSO, yaitu pengurangan jumlah username dan password yang harus dihafalkan pengguna sistem informasi. Bahkan SSO dapat digunakan pada perangkat pribadi tanpa mengisikan apapun dalam sistem-sistem tersebut.

Sedangkan OAuth merupakan salah satu protokol standar industri untuk proses otorisasi sehingga kita dapat menerapkan konsep Single Sign On. OAuth memiliki fokus pada penyederhanaan pengembangan aplikasi klien, juga memberikan aliran otorisasi khusus untuk aplikasi web, aplikasi desktop, ponsel, dan perangkat cerdas.

Melalui konsep yang terintegrasi, akses menuju data pun lebih mudah. Sistem informasi dalam rangka melayani masyarakat juga lebih baik, cepat, dan akurat. Yanuar Hadiyanto dari Inixindo berharap pemerintah pusat maupun daerah dapat menerapkan integrasi sistem dalam pemanfaatan data dan pengelolaan keamanan. 
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment