Diskominfo Sosialisasikan Laboratorium Produksi Data dan Statistik Pada Perangkat Daerah

By ADMIN 31 Mei 2019, 11:26:06 WIB Kegiatan
Diskominfo Sosialisasikan Laboratorium Produksi Data dan Statistik Pada Perangkat Daerah

Keterangan Gambar : Diskominfo Sosialisasikan Laboratorium Produksi Data dan Statistik Pada Perangkat Daerah, Selasa (28/05)


Kepala Bidang Statistik, Data dan TI Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo, Sri Palupi, SE., M.Si mengadakan sosialisasi implementasi proyek perubahan dalam rangka mewujudkan Purworejo Smart City melalui penyediaan Laboratorium Produksi Data Statistik Kabupaten di Ruang Rapat Dinas Kominfo, Selasa (28/05). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Widyowati Dyah Anggraheni, SH., MM dan diikuti oleh semua Perangkat Daerah dan instansi terkait. 

Sosialisasi Penyediaan Laboratorium Produksi Data dan Statistik bertujuan untuk mempercepat target RPJMD dan target Perangkat Daerah dalam bidang statistik. Dalam pemaparannya, Sri Palupi juga mengharapkan dukungan dan komitmen dari semua Perangkat Daerah untuk mewujudkan smart city melalui penyediaan laboratorium tersebut. 

Dalam jangka pendek, laboratorium data dan statistik bertujuan menyediakan wahana yang dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi yang dapat menjamin keberlanjutan supply data statistik untuk memenuhi kebutuhan publik maupun peningkatan kualitas pengambilan kebijakan pemerintah. Sedangkan dalam jangka menengah yakni mengembangkan layanan kepada publik melalui kolaborasi dengan free wifi area Pemda dan PPID berupa pusat Informasi Publik di area publik. Untuk jangka panjang, diharapkan peningkatan kualitas layanan laboratorium produksi dan statistik mengikuti dinamika perkembangan database layanan elektronik dan kebutuhan data lainnya termasuk instrumen survei.

Layanan laboratorium yang rencananya akan dilaunching pada bulan Juni ini selanjutnya dapat dimanfaatkan dalam mengeksplorasi data base elektronik, analisa data base elektronik, dan pembangunan instrumen data statistik sektoral. Selain itu, Sri Palupi menambahkan, terdapat pula layanan integrasi sistem informasi, analisis Big Data dan pembangunan instrument survey pada laboratorium.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo, Drs. Sigit Budimulyanto, MM berharap Perangkat Daerah dapat menyatukan langkah dan konsisten baik sebagai kontributor maupun produsen dalam melayani masyarakat. Penyediaan laboratorium ini sesuai dengan kebijakan tingkat nasional  terkait SPBE dan Undang-Undang terkait keterbukaan informasi publik.  
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment