FEDEP, Promosikan Potensi Lokal melalui Media Online

By ADMIN 15 Mei 2018, 17:27:05 WIB Pemerintahan
FEDEP, Promosikan Potensi Lokal melalui Media Online

Makin berkembangnya media yang digunakan oleh masyarakat saat ini memberikan inspirasi bagi FEDEP (Forum for Economic Develompent and Employment Promotion) untuk membuat suatu wadah guna mengenalkan potensi produk lokal dari Kabupaten Purworejo melalui website dan media sosial. Pameran yang selama ini dilakukan sebagai media promosi dirasa kurang efektif karena terbatasnya waktu sehingga promosi dialihkan melalui media online. Hal ini disampaikan oleh  Kepala Bidang Ekonomi dan Pengembangan Wilayah BAPPEDA Kabupaten Purworejo, Anggit Wahyu Nugroho, S.Si., M.Acc pada workshop dalam rangka penyusunan video profil investasi pengembangan produk unggulan daerah berbasis IT di Pendopo Seplawan Desa Donorejo, Senin (14/05). Workshop juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Pertanian Peternakan Kelautan dan Perikanan serta perwakilan dari Kecamatan dan perangkat desa setempat.

Beberapa bidang yang menjadi potensi unggulan dalam membangun ekonomi lokal masyarakat purworejo yakni pariwisata, UMKM, dan pertanian. Pada bidang pariwisata, Dyah Woro Setyaningsih, S.Sos., MM selaku Kasi Promosi dan Kerjasama dari DINPARBUD Kabupaten Purworejo mengusulkan agar seluruh potensi wisata di Purworejo dapat masuk dalam video investasi. Selanjutnya Woro juga menuturkan bahwa pihaknya akan menyusun promosi wisata melalui paket-paket wisata yang kemudian ditawarkan pada agen-agen perjalanan untuk dijual. Salah satu paket wisata yang akan disusun yakni paket desa wisata. Paket ini menawarkan kepada pengunjung untuk dapat menikmati berbagai kegiatan seperti yang dilakukan oleh masyarakat desa.

Untuk bidang perindustrian, Kasi Perindustrian DINPERINAKER Kabupaten Purworejo, Ir. Hadi Pranoto menuturkan bahwa di bidangnya terdapat tiga industri Kabupaten Purworejo yang akan lebih dulu dipromosikan yakni kerajinan bambu dan kayu, industri gula kelapa dalam bentuk gula kristal dan gula semut, serta produk hasil olahan ketela. Sedangkan dari bidang pertanian, tanaman penghasil biofarma menjadi potensi yang akan difokuskan dalam promosi. 

Penyusunan video ini kemudian ditindaklanjuti oleh dinas terkait untuk melakukan pemetaan berbagai potensi produk dalam beberapa kawasan, melakukan breakdown persiapan dan pelaksanaan produksi, serta persiapan pembuatan website yang akan digunakan. Usai pembuatan video nanti, diharapkan Dinkominfo Purworejo dapat membantu mempromosikan video potensi produk lokal tersebut melalui laman dan media sosial resmi Pemerintah Kabupaten Purworejo.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment