Kabupaten Purworejo Ikuti Festival Kesenian FK Metra

By ADMIN 16 Mei 2019, 10:26:19 WIB Kegiatan
Kabupaten Purworejo Ikuti Festival Kesenian FK Metra

Keterangan Gambar : Penampilan Grup Kesenian Kabupaten Purworejo dalam Festival Kesenian FK Metra di Desa Jrakah, Temanggung (03/05)


Menjadi ajang tahunan, Kabupaten Purworejo kembali mengikuti festival kesenian tingkat Jawa Tengah yang berlangsung di Desa Jrakah Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung pada Jumat, (03/05). Festival ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) dimana kesenian menjadi salah satu alat dalam menyampaikan informasi. 

Dengan judul "Tepa Selira", grup kesenian dari Kabupaten Purworejo melalui lakon dramanya memberikan pesan agar masyarakat Indonesia yang terdiri dari ribuan suku dapat bersatu dalam Bhineka Tunggal Ika. Selain itu, ditampilkan pula kesenian khas dari Purworejo yakni Tari Ndolalak dan Kuda Lumping. Dikenalkan pula beberapa makanan khas dari Kabupaten Purworejo, clorot dan kue lompong.

Sebagai media komunikasi, Kabupaten Purworejo yang mendapat urutan tampil pertama juga mensosialisasikan layanan publik dalam menampung aspirasi masyarakat yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo. Layanan tersebut adalah layanan pengaduan berupa aplikasi pengaduan secara onliner bernama Pengaduan Online Rakyat Purworejo (PORJO) serta layanan SMS Pengaduan. Selain itu, adapula forum komunikasi dengar aspirasi publik (Critical Voice Point) yang diagendakan setiap bulannya guna menerima aspirasi masyarakat. Pada kegiatan ini, Bupati Purworejo bersama stakeholder terkait hadir secara langsung sehingga aspirasi yang disampaikan juga langsung diterima oleh Bupati.

Festival kesenian ini diikuti oleh enam kabupaten di Jawa Tengah. Selain Kabupaten Purworejo, peserta festival ini diikuti oleh Kabupaten Tegal, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Rembang, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Karanganyar. 
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment