Kemenkominfo Luncurkan Aplikasi Petani Go Online

By ADMIN 07 Agu 2018, 14:13:36 WIB Kegiatan
Kemenkominfo Luncurkan Aplikasi Petani Go Online

Keterangan Gambar : Wakil Bupati, Yuli Hastuti,SH dan Kepala Dinas Kominfo, Drs. Sigit Budimulyanto, MM mengikuti kegiatan Fasilitasi Petani Go Online (2/8)


Kementerian Kominfo mengadakan sosialisasi dan pelatihan Petani Go Online selama 2 hari di Kabupaten Purworejo kepada Penyuluh Pertanian di hari pertama dan petani dari 16 kecamatan di hari kedua. Pelatihan aplikasi "Petani" Go Online ini melibatkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo. Turut hadir mendampingi kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Purworejo, Drs. Sigit Budi Mulyanto, MM dan Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan, Ir. Bambang Jati Asmara, MT, MA. Kabupaten Purworejo menjadi satu-satunya Kabupaten di Jawa Tengah yang mendapat kehormatan untuk peluncuran dan sosialisasi aplikasi ini.

Sejumlah 100 penyuluh pertanian dan 400 petani dari Kabupaten Purworejo mengikuti Program Fasilitasi Petani Go Online yang diselenggarakan di Ruang Arahiwang, Sekretariat Daerah Purworejo pada 2-3 Agustus. Program ini diadakan oleh Kementerian Kominfo Republik Indonesia bekerjasama dengan perusahaan aplikasi 8villages. Atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo mendapat piagam penghargaan dari Direktur Pemberdayaan Industri Informatika, Kementerian Kominfo RI. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Kementerian Kominfo RI, Septriana Tangkary, SE., MM kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo yang diwakili oleh Kepala Bidang Komunikasi, Informasi dan Persandian, Dwijo Murdiarto, S.Sos., MM.

Program Petani Go Online merupakan sebuah program penggunaan aplikasi berbasis IT  untuk mengembangkan sektor pertanian yang dinamakan aplikasi "Petani". Dalam sambutan Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH menuturkan, kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan program ekonomi kerakyatan di sektor pertanian. Program ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan petani melalui pemanfaatan media daring (online) sebagai perluasan akses informasi pasar dan layanan keuangan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu petani dalam menyelesaikan masalah-masalah usaha pertaniannya, mulai dari proses penanaman, perawatan, panen hingga penjualan. 

Septriana Tangkary, SE., MM, Direktur Pemberdayaan Industri Informatika menyampaikan, Purworejo menjadi Kabupaten pertama sebagai tempat penyelenggaraan fasilitasi ini. Program ini termasuk dalam Program Ekonomi Kerakyatan dari Presiden. Dengan menggunakan IT, Kementerian Kominfo mengharapkan digitalisasi melalui aplikasi "Petani" ini dapat mempermudah masyarakat terutama pada sektor pertanian. Septriana juga berharap para penyuluh dapat membantu para petani di desa untuk menggunakan aplikasi ini agar program kesejahteraan petani dapat tercapai.  

Dalam aplikasi "Petani" ini terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan oleh petani diantaranya ruang konsultasi diskusi, fitur jual beli, serta dilengkapi pula dengan referensi harga pangan yang terupdate secara otomatis. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai informasi terkait pertanian. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Playstore maupuan Appstore.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment