Melalui Karnival Tumbuhkan Nasionalisme

By ADMIN 28 Agu 2019, 15:20:18 WIB Kegiatan
Melalui Karnival Tumbuhkan Nasionalisme

Keterangan Gambar : Salah Satu Performance Dari SMA/SMK Dalam Karnival Gerebeg Kamardhikan, Sabtu (24/08)


Menampilkan karakter tokoh pejuang atau pahlawan lokal asal Purworejo menjadi sajian menarik dalam Gerebeg Kamardhikan oleh sembilan SMA/SMK di Kabupaten Purworejo, Sabtu (24/08). Event tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini juga disambut oleh ribuan penonton yang memadati Alun-Alun Purworejo.

Dihadiri oleh Bupati Purworejo, kegiatan dibuka dengan pemotongan tumpeng kepada veteran dari Purworejo, dilanjutkan dengan performance dari sekolah-sekolah. Sebelum pertunjukan, sembilan kontingen berparade jalan kaki mengitari Alun-Alun pada dua arah, menuju Gerbang utama Alun-Alun. 

Dari sembilan kontingen, pertunjukan dari SMK N 3 dengan mengusung sosok Dr. Tjitrowardojo menjadi tampilan pembuka, dilanjutkan pertunjukan dari SMA N 7 dengan mengusung sosok WR. Supratman pada urutan kedua, dan SMK PN-PN2 yang mengusung tokoh Jenderal Ahmad Yani. Pertunjukan dilanjutkan dengan performance SMAN 1 dengan tokoh Adipati Gagak Handoko, SMA Bruderan dengan tokoh Jenderal Urip Sumoharjo, SMK YPT dengan tokoh Tumenggung Sawunggaling, SMK Kesehatan dengan sosok Kyai Imam Puro, dan diakhiri dengan performance SMK Penabur dengan tokoj Jenderal Sarwo Edhi Wibowo. 

Agus Bastian menuturkan, dirinya sangat bangga dengan penampilan para siswa yang dikoreograferi oleh Nungki Nur Cahyani tersebut. Menurutnya, hal ini menjadi sebuah pertunjukan dan hiburan yang dapat memupuk nasionalisme bagi peserta maupun masyarakat yang menyaksikan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment