PENERIMAAN KUNJUNGAN DINAS KOMINFO KABUPATEN TEMANGGUNG

By ADMIN 02 Sep 2019, 09:10:42 WIB Kegiatan
PENERIMAAN KUNJUNGAN DINAS KOMINFO KABUPATEN TEMANGGUNG

Pada hari Rabu 14 Agustus 2019 bertempat di ruang rapat Dinas Kominfo lantai 1 gedung setda sayap barat lantai 1 gedung setda di komplek kantor Bupati Purworejo, Dinas Kominfo menerima kunjungan studi referensi dari Dinas Kominfo Kabupaten Temanggung. Rombongan dipimpin oleh Kabid Statistik dan Persandian serta didampingi Kabid IKP serta beberapa personil lainnya dari Dinas Kominfo dan BKD Kabupaten Temanggung.

Kunjungan bertujuan untuk melihat proses sertifikasi tandatangan elektronik yang telah dilakukan oleh Kabupaten Purworejo serta tentang penilaian angka kredit jabatan fungsional pranata komputer.

Kabid Statistik Data dan Teknologi Informasi Dinkominfo Kab.Purworejo Sri Palupi, SE, M.Si menyampaikan bahwa Purworejo telah melakukan proses sertifikasi tanda tangan elektronik bagi semua pimpinan perangkat daerah yang akan diimplementasikan pada layanan penanaman modal dan perijinan serta pada layanan surat menyurat melalui layanan elektronik. Proses sudah dimulai sejak bulan April 2019 sampai dengan saat ini sebagian besar 95% sertifikat tanda tangan elektroniknya telah diterbitkan oleh BSRE BSSN RI. Dengan terbitnya sertifikat tersebut berarti tandatangan elektronik (berupa barcode) pimpinan perangkat daerah yang dicantumkan dalam surat surat yang diproduksi melalui aplikasi Surejo (Surat Menyurat Purworejo) telah dapat diakui keabsahannya. Hal ini sangat mendukung diimplementasikannya surat menyurat secara elektronik melalui aplikasi Surejo. Sebagaimana diketahui aplikasi Surejo adalah merupakan aplikasi surat menyurat yang telah menggunakan tata naskah dinas sesuai regulasi tata naskah dinas yang berlaku di lingkungan pemerintah daerah, yang didalamnya saat ini telah memuat 5 (lima) template naskah dinas yaitu surat biasa, undangan, nota dinas, surat tugas dan surat perintah perjalanan dinas.

Terkait penilaian angka kredit bagi jabatan fungsional pranata komputer, di Kabupaten Purworejo telah dibentuk Tim Penilai Angka Kredit oleh SK Bupati, yang beranggotakan unsur dinas Kominfo, unsur Badan Kepegawaian Daerah dan unsur Ikatan Pranata Komputer sendiri. Tim tersebut telah bekerja selama 2 (dua) tahun , dan telah melakukan proses penilaian sebanyak 2 (dua) kali. Acuan penilaian yang digunakan adalah Perka BPS Nomor 16 Tahun 2008 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Angka Kredit Pranata Komputer. Dalam hal pembinaan terhadap para prakom tersebut Dinas Kominfo juga memberikan upaya peningkatan kapasitas mereka melalui bintek maupun melalui pelibatan mereka dalam tugas-tugas di tingkat Kabupaten seperti penataan jaringan, laboratorium produksi data dan statistik serta pendampingan bagi OPD dalam menerapkan aplikasi Surejo.

Penerimaan kunjungan tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelompok dibagi dalam 2 (dua) kelompok yaitu kelompok sertifikasi dan kelompok penilaian prakom. Kelompok sertifikasi dipandu oleh Kasi Teknologi Informatika Rahayu Slamet, ST, M.Eng, serta kelompok penilaian prakom dipandu oleh anggota tim penilai prakom dari unsur dinkominfo dan unsur prakom.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment