Peserta Lomba Gapura Energy Of Asia Tingkat Nasional Dari Purworejo Raih Juara

By ADMIN 31 Agu 2018, 10:40:43 WIB Kegiatan
Peserta Lomba Gapura Energy Of Asia Tingkat Nasional Dari  Purworejo Raih Juara

Keterangan Gambar : Gapura Energy Of Asia dari Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo Raih Juara Lomba Tingkat Nasional


Gapura Energi Of Asia, Gapura dari Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo meraih predikat sebagai satu dari 25 pemenang juara hiburan dalam ajang Lomba Menghias Gapura tingkat nasional. Lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo, Kemendagri dan INASGOC ini dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke 73 sekaligus sebagai bentuk dukungan pada ajang Asian Games ke 18 yang digelar di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus sampai dengan 2 September mendatang. Predikat juara hiburan diraih setelah melewati seleksi ketat dari ribuan peserta lain di seluruh Indonesia.

Mengusung tema Gapura Energy Of Asia, ajang ini mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung dan memberikan semangat positif terhadap pelaksanaan Asian Games 2018 yang sekaligus memperkenalkan keragaman Indonesia pada negara peserta Asian Games. Beragam warna, bahasa dan budaya dari Indonesia dituangkan dalam maskot-maskot Asian Games yang juga wajib dimasukkan ke dalam kreasi desain gapura. Pelaksanaan lomba gapura telah berlangsung sejak 5-19 Agustus lalu dan pemenangnya diumumkan pada 24 Agustus.

Sebelum lolos di tingkat nasional, penyeleksian lomba juga dilakukan di tingkat provinsi oleh Dinas Kominfo. Aspek kreativitas visual, penggunaan bahan, dan pemilihan tema menjadi beberapa hal yang dinilai dalam penjurian. Di tahap akhir, penilai lomba dilakukan dari Kemenkominfo, INASGOC, dan tim kreatif.

Kabupaten Purworejo mengirimkan 3 wakil untuk mengikuti lomba yaitu Kelurahan Bandung Kecamatan Kutoarjo, Desa Kaliurip Kecamatan Bener, dan Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo. Ketiga kelompok ini memberikan suguhan yang berbeda-beda dalam menvisualisasikan kreativitas kelompoknya dalam menghias gapura di lingkungan masing-masing.

Desa Sidomulyo memberikan sentuhan teknologi pada desain gapuranya. Umbul-umbul berisi dukungan pada Asian Games, Perayaan HUT ke 73 RI dan pengenalan maskot Asian Games juga menghiasi sepanjang jalan desa. Sedangkan di Kelurahan Bandung, sekelompok warga menghias dinding gapura dengan beberapa jenis perlombaan olahraga yang diikutsertakan dalam Asian Games diantaranya sepak bola, bulu tangkis, dan voly.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment