Soft Launching Smart City Purworejo

By ADMIN 24 Apr 2018, 10:10:00 WIB Pemerintahan

Berita Terkait

Berita Populer

Soft Launching Smart City Purworejo

Bupati Purworejo, Agus Bastian, SE, MM didampingi oleh Kepala OPD dan Direktur BUMD meresmikan soft launching smart city Purworejo pada Senin (23/04) malam bersamaan dengan terselenggaranya Critical Voice Point (CVP) Periode April di Pendopo Kabupaten Purworejo. Terdapat tiga komponen penting yang dilaunching sekaligus dalam kegiatan ini yakni mengenai konektivitas, sistem informasi, dan layanan publik. Dengan adanya soft launching ini, Bupati berharap bisa bermanfaat bagi warga Kabupaten Purworejo. 

Dalam hal konektivitas, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo telah melakukan dua tahap pembangunan jaringan fiber optic (FO). Jaringan FO pada tahap pertama di tahun 2017 adalah pembangunan jaringan di 8 (delapan) OPD yaitu Sekretariat Daerah (Setda), Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah Raga (Dindikpora), Inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DinKUKMP) dan Rumah Sakit Umum Daerah Tjitrowardojo (RSUD). Sedangkan pada tahap ke dua di tahun 2018, jaringan FO dibangun di 16 kecamatan dan Dinas PUPR dengan cara sewa. Hingga akhir tahun 2018 nanti, rencananya jaringan FO akan dibangun di seluruh OPD Kabupaten Purworejo.

Selanjutnya untuk sistem informasi sebagai penunjang keberlangsungan smart city, telah dilakukan pembaharuan pada web www.purworejokab.go.id menjadi sistem informasi yang terintegrasi, baik secara internal maupun eksternal. Sistem informasi bersifat internal yakni adanya komponen-komponen yang menunjang bagi konektivitas antar OPD maupun di luar OPD. Dalam hal ini salah satunya aplikasi yang digunakan adalah layanan surat menyurat berbasis elektronik atau disebut Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE). Untuk sistem informasi yang bersifat eksternal adalah layanan informasi yang diperuntukkan bagi kebutuhan masyarakat  seperti adanya layanan publik dan pengaduan masyarakat. Dengan layanan ini, masyarakat bisa terhubung dan berinteraksi langsung dengan OPD terkait. Selain itu, tersedia pula layanan informasi lainnya seperti Layanan Publik (Kependudukan, Perijinan, Daftar Pasien Online RSUD, Pariwisata, PPDB Online, Pengajuan IKTR), Transparansi Anggaran (Perencanaan, Pelaksanaan, Pertanggungjawaban), BUMD (PD. Aneka Usaha, BPR BKK Purworejo, PD Bank Purworejo, PD Tirta Perwita Sari, PD Graha Medika Husada), Informasi Publik (PPID Purworejo, Rujukan Gawat Darurat, Rencana Umum Pengadaan, Tepra, Produk Hukum), Open Data (Satu Data, Geospasial), Streaming LPPL Irama FM, Sistem e-government (E Office, Webmail, Kearsipan, Kepegawaian, SIMCAN, Monev Pembangunan, Tata Ruang, Sumberdaya Air, Pengendalian PU, Sistem Informasi Desa, Sistem Informasi Keuangan Desa, SIMDA), Wisata Purworejo, dan Subdomain OPD.

Pada aspek layanan publik, di tahun 2018 akan dipasang 20 titik hotspot yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Pada tahap pertama, hotspot telah terpasang di 6 (enam) titik yaitu seperti Taman Romansa Kuliner Purworejo, Alun-Alun Kota Purworejo, Pendopo Purworejo, Museum Tosan Aji, Alun-Alun Kutoarjo dan Pendopo Kutoarjo. Rencananya beberapa titik hotspot yang belum terpasang akan diselesaikan hingga akhir tahun ini.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment