Sosialisasi Pencegahan Triad KRR Melalui Stand Up Comedy

By ADMIN 19 Apr 2018, 17:00:32 WIB Kegiatan
Sosialisasi Pencegahan Triad KRR Melalui Stand Up Comedy

Dalam upaya membangun generasi muda, BKKBN Pusat melakukan pendidikan Genre (Generasi Berencana) kepada anak-anak remaja dengan usia 10-24 tahun khususnya pelajar SMP, SMA dan mahasiswa. Generasi Berencana merupakan suatu program yang terdiri dari tiga unsur yakni bisa sukses dalam hidup, mampu melangsungkan karir secara terencana, dan berkeluarga secara terencana. Hal ini ditindaklanjuti oleh Dinas Sosial Kependudukan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Purworejo dengan mengadakan sosialisasi Genre melalui Stand Up Comedy pada Kamis, (19/04).

Stand Up Comedy dengan materi Genre ini diselenggarakan dalam rangka sosialisasi kepada remaja untuk terbebas dari Triad KRR, yaitu dengan penundaan usia perkawinan, seks bebas dan napza. Stand Up Comedy diikuti oleh 16 pelajar SMP maupun SMA dari perwakilan semua kecamatan di Kabupaten Purworejo. Para peserta ini tergabung dalam anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIKR) di masing-masing sekolah.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera,Dra Purwandari Puji Hastuti, MAP mengungkapkan bahwa tercatat sebanyak 60 kasus pernikahan dini di Kabupaten Purworejo hingga November 2017. Kasus ini terutama terjadi di daerah pelosok. Beberapa faktor penyebabnya adalah budaya masyarakat, lingkungan tempat tinggal, dan jarak antara rumah dengan sekolah. Dengan sosialisasi ini, Purwandari berharap agar remaja nantinya menjadi generasi yang berkualitas, generasi  yang berencana dan terbebas dari Triad KRR. Sosialisasi yang dikemas melalui Stand Up Comedy diharapkan agar pesan yang disampaikan dengan santai dalam materi Stand Up Comedy dapat diterima dengan baik oleh peserta.

Di pertengahan kegiatan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Wagino, SH, M.Si mengungkapkan bahwa di Jawa Tengah merupakan zona merah perkawinan anak karena terdapat 30 ribu kasus mengenai pernikahan dini yang diakibatkan pergaulan dan seks bebas. Wagino juga mengharapkan kepada para peserta untuk menjadi di sekolah masing-masing dan mengajarkan kepada teman sebaya untuk tidak melakukan pernikahan dini karena pernikahan dini merupakan penyebab utama dari kasus kematian ibu, bayi dan anak karena melahirkan di usia yang terlalu muda. Diharapkan pula peserta dapat menularkan sosialisasi mencegah Triad KRR melalui komunitas-komunitas yang ada di masyarakat.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment