Tiga Menara Telekomunikasi Dalam Proses Perijinan

By ADMIN 26 Jun 2018, 17:53:56 WIB Pemerintahan
Tiga Menara Telekomunikasi Dalam Proses Perijinan

Dalam rangka proses pengembangan jaringan komunikasi yang ada di Kabupaten Purworejo, tiga menara komunikasi segera dibangun oleh PT. Inti Bangun Sejahtera, Tbk. Pembangunan ini akan dilaksanakan di tiga tempat sekaligus, yakni di Desa Dilem dan Wonosuko Kecamatan Kemiri dan Desa Kaligintung Kecamatan Pituruh. Hal ini disampaikan dalam uji substansi dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) di Dinas Lingkungan Hidup, Selasa (26/06). Uji substansi dokumen UKL-UPL ini dipimpin oleh Lilos Hapsarasto, S.Sos.,MM. dari Dinas Lingkungan Hidup dan dihadiri oleh Kabid Kominsan dan Kasi Pelayanan dan Pengelolaan Informasi Dinas Kominfo, Perwakilan Dinas PUPR, Perwakilan Dinas Perijinan, Camat Kemiri, dan Perwakilan Desa.

Pembangunan menara telekomunikasi setinggi 62 meter ini telah mendapat dukungan dari pemerintah desa dan kecamatan. Camat Kemiri, Fatqur Rochman, S.Sos., MAP menuturkan pembangunan menara telekomunikasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan pemerintah untuk menjalankan roda pemerintahan. Susilo sebagai penanggung jawab pelaksanaan pembangunan dari PT. Inti Bangun Sejahtera, Tbk. memaparkan adanya beberapa tahapan yang dilaksanakan dalam pembangunan menara sekaligus dampak-dampak yang ditimbulkan selama pembangunan dan kompensasi yang diberikan akibat dampak-dampak tersebut kepada masyarakat.

Berdasarkan Peraturan Bupati nomor 106 tahun 2017, lokasi pembangunan menara ini telah memenuhi syarat. Dwijo Mudiarto, S.Sos, MM, Kepala Bidang Komunikasi, Informasi dan Persandian Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Purworejo memberikan apresiasi terhadap pembangunan menara ini, namun ditegaskan pula bahwa pembangunan fisik menara dapat dilaksanakan setelah proses perijinan dari dinas-dinas terkait telah rampung untuk menghindari adanya permasalahan di kemudian hari. Edy Suprono, SH selaku Kasi Pelayanan dan Pengelolaan Informasi Dinas Kominfo Kabupaten Purworejo juga menambahkan adanya pembangunan menara, sesuai dengan Perbup nomor 106 tahun 2017, harus juga memperhatikan adanya perlindungan atau asuransi terhadap fasilitas umum di radius menara termasuk jalan raya dan tempat ibadah.

Sedangkan dari Dinas Lingkungan Hidup, Lilos Hapsarasto, S.Sos.,MM. menuturkan perlu adanya penjelasan lebih detail mengenai antisipasi kecelakaan yang akan disebabkan oleh adanya menara, kelengkapan perijinan dari dinas terkait juga perlu dilampirkan dalam dokumen. Untuk pembangunan menara telekomunikasi selanjutnya, pemrakarsa diharapkan selalu mengikuti tahapan-tahapan pembangunan sesuai regulasi yang berlaku.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment