Bimtek PPID, KIP Sampaikan Tata Cara Penyusunan DIP

By ADMIN 29 Nov 2019, 19:35:43 WIB Kegiatan
 Bimtek PPID, KIP Sampaikan Tata Cara Penyusunan DIP

PPID Utama Kabupaten Purworejo yang dikelola oleh Dinas Kominfo mengikuti kegiatan Bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Pelayanan Data dan Informasi Publik bagi PPID, Rabu (27/11). Bintek yang diikuti 33 PPID Utama dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah ini berlangsung di Hotel @HOM Semarang dan dibuka oleh Kepala Bidang KIP Bapak Setro Irawan, Arp ,MM.

Pada pertemuan ini, materi bimtek terkait penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) disampaikan oleh Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah. DIP merupakan suatu keterangan secara signifikan tentang seluruh informasi yang berisi dibawah penguasaan Badan Publik. Penyusunan DIP harus mempermudah petugas informasi dalam melayani permohonan informasi. Dalam menyusun DIP, PPID memasukkan  semua jenis informasi publik yang bersifat terbuka / informasi yang wajib disosialisasikan dan diumumkan oleh Badan Publik. Sedangkan untuk informasi yang dikecualikan, perlu dilakukan uji konsekuensi secara parsial terlebih dahulu sebelum diumumkan.

DIP dikategorikan menjadi 4, yakni informasi berkala, informasi setiap saat, informasi serta merta dan informasi dikecualikan. Unsur DIP terdiri dari jurnal, pejabat yang menguasai informasi sebagai penanggungjawab dan jangka waktu penyampaian informasi. Slamd Haryanto, SH, MM selaku pemateri juga menyampaikan bahwa Badan Publik dapat menolak permohonan informasi yang termasuk dalam kategori informasi yang dikecualikan sesuai dengan UU KIP karena alasan dan prosedur yang ditentukan. Meski demikian, informasi dikecualikan dapat diumumkan demi kepentingan publik pada periode waktu yang telah disepakati. 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment