Antisipasi Bencana Musim Penghujan, Pemkab Adakan Pelatihan Kebencanaan

By ADMIN 31 Okt 2019, 11:45:07 WIB Kegiatan
Antisipasi Bencana Musim Penghujan, Pemkab Adakan Pelatihan Kebencanaan

Jelang datangnya musim penghujan yang diperkirakan pada akhir Oktober mendatang, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo mengadakan kegiatan Critical Voice Point dengan tema “Antisipasi Terhadap Bencana Alam (Musim Penghujan) di Kabupaten Purworejo”. Kegiatan berlangsung di Pendopo Kabupaten Purworejo pada Rabu (16/10) dan dihadiri langsung oleh Bupati Purworejo, Agus bastian, SE., MM.

Kabupaten Purworejo menjadi salah satu wilayah di Jawa Tengah yang rawan bencana di musim penghujan. Beberapa wilayah di pesisir pantai seperti kecamatan Purwodadi, Kecamatan Ngombol, Kecamatan Grabag dan Kecamatan Butuh rawan terhadap bencana banjir, sedangkan untuk Kecamatan Bruno, Kecamatan Kaligesing, Kecamatan Loano dan Kecamatan Bener termasuk dalam daerah rawan bencana longsor. 

Menghadirkan Dr. rer.nat.Djati Mardiatno, M.Si, Ahli Pengelolaan Bencana UGM Yogyakarta, pada kegiatan ini disampaikan beberapa hal terkait bencana longsor maupun banjir mulai dari gejala yang timbul, faktor pemicu bencana, serta antisipasi terhadap potensi bencana tersebut. Selain itu, Djati juga menyampaikan terkait mitigasi bencana longsor yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak bencana sebelum terjadi bencana di Kabupaten Purworejo.

Menyadari akan tingginya potensi bencana pada musim penghujan di Kabupaten Purworejo, Agus Bastian mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya penyelesaian permasalahan bencana. Pemerintah juga telah melakukan kegiatan pelatihan kebencanaan melalui BPBD Kabupaten Purworejo agar masyarakat dapat melakukan pertolongan pertama pada saat terjadi bencana. Masyarakat juga diharapkan turut berpartisipasi untuk segera menyampaikan informasi agar pencegahan bencana dapat segera dilakukan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Counter Pengunjung