[HOAKS] Cara Deteksi Ponsel Disadap Menggunakan Nomor IMEI

By ADMIN 19 Okt 2020, 11:33:32 WIB Isu Hoaks
[HOAKS] Cara Deteksi Ponsel Disadap Menggunakan Nomor IMEI

Beredar sebuah pesan cara mendeteksi ponsel yang disadap di media sosial. Dalam pesan tersebut, dijelaskan bahwa cara mendeteksi ponsel yang disadap dengan menggunakan nomor IMEI. Dalam narasi postingan tersebut dijelaskan bahwa, "cara mengecek nomor IMEI di ponsel adalah dengan ketik *#06#. Jika tertera nomor IMEI yang disertai dengan garis miring angka 1 (sebagai contoh 12345678/1) berarti ponsel kita sedang dipantau atau diawasi Tim Cyber Mabes Polri. Jika tertera angka /2, berarti anda sudah masuk dalam target penyergapan. Masyarakat dihimbau agar mengurangi aktifitas di Facebook dengan tidak memposting atau mengkritik pemerintahan sekarang," demikian penggalan dari narasi berdasarkan postingan tersebut.

Berdasarkan penelusuran, klaim mengenai cara deteksi ponsel kita disadap menggunakan nomor IMEI adalah tidak benar. Faktanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan klarifikasi terkait informasi tersebut dan dijelaskan bahwa nomor IMEI selular dapat diketahui dengan cara menekan *#06#. Sementara, dua digit terakhir yang dilambangkan dengan /01 atau /02 adalah nomor versi perangkat lunak dan bukan pertanda ponsel sedang disadap.

KATEGORI: HOAKS 

Link Counter:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-cara-deteksi-ponsel-disadap-menggunakan-nomor-imei.html

https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/15/173000765/-hoaks-nomor-imei-tertentu-dipantau-tim-cyber-mabes-polri

https://kominfo.go.id/content/detail/13160/siaran-pers-no-114hmkominfo052018-tentang-penjelasan-adanya-hoax-terkait-informasi-viral-imei-dan-cyber-crime-polri/0/siaran_pers

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Counter Pengunjung