[HOAKS] Kanker Testis Bisa Dideteksi dengan Alat Tes Kehamilan

By ADMIN 14 Sep 2020, 09:23:24 WIB Isu Hoaks
[HOAKS] Kanker Testis Bisa Dideteksi dengan Alat Tes Kehamilan

Beredar di sosial media sebuah  unggahan dengan klaim kanker testis bisa dideteksi dengan menggunakan alat tes kehamilan. 

Dikutip dari Liputan6.com mengenai klaim tentang kanker testis bisa dideteksi dengan menggunakan alat tes kehamilan, Dokter spesialis urologi RS Siloam Asri Mampang, Dr. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp.U PhD. Dr Hamid menyebut bahwa klaim tersebut tidak tepat. Menurutnya, alat tes kehamilan tidak bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit kanker testis. Alat tersebut dari segi medis tidak digunakan karena tidak bisa menentukan kadar hormon secara kuantitatif yang dibutuhkan untuk menentukan keberhasilan penanganan tumor testis. Dr Hamid pun menyarankan untuk tidak menggunakan alat tes kehamilan untuk mendeteksi kanker testis. Sebenarnya deteksi dini kanker testis dapat dengan mudah ditemukan dengan cara pemeriksaan testis secara mandiri. Apabila merasakan adanya perubahan, maka perlu segera diperiksakan ke dokter.

KATEGORI: HOAKS

Link Counter:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4353118/cek-fakta-tidak-benar-kanker-testis-bisa-dideteksi-dengan-alat-tes-kehamilan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Counter Pengunjung