Dua Badan Publik di Purworejo Divisitasi Komisi Informasi

By ADMIN 21 Nov 2019, 10:39:57 WIB Kegiatan
Dua Badan Publik di Purworejo Divisitasi Komisi Informasi

Keterangan Gambar : Foto Bersama Tim Visitasi dan Pegawai RSUD Tjitrowardojo, Selasa (05/11)


Dalam rangka pemeringkatan Badan Publik di Jawa Tengah, Komisi Informasi Jawa Tengah melakukan kegiatan visitasi badan publik pada Selasa (05/11). Dari empat badan publik yang terdiri dari PPID Utama, PPID Pembantu terkait pelayanan dasar dan RSUD di Kabupaten Purworejo, dua badan publik mendapat kesempatan dikunjungi oleh Komisi Informasi. Dua badan publik tersebut adalah RSUD Tjitrowardojo dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Turut mendampingi kegiatan tersebut, PPID Utama dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo, Takbirom Mukhsin, S.Sos.

Dalam kunjungannya, Ketua tim visitasi menyampaikan bahwa tugas dari Komisi Informasi adalah melakukan pembinaan dan pengawasan keterbukaan informasi publik. Sebagai bentuk komitmen, beberapa hal yang perlu disediakan oleh Badan Publik dalam rangka keterbukaan informasi publik yakni adanya dasar hukum pembentukan PPID, maklumat pelayanan yang dipublikasikan, adanya profil badan publik serta daftar informasi yang dapat diakses oleh masyarakat. 

Sebagai bentuk pembinaan, KI juga memberikan pengarahan terkait prosedur penetapan informasi yang dikecualikan dalam laman layanan informasi publik PPID. Langkah yang perlu dilakukan yakni dengan pengusulan daftar informasi dari setiap bagian, kemudian melakukan uji konsekuensi agar informasi yang masuk dalam kategori dikecualikan menjadi informasi yang valid.

Hasil dari kegiatan visitasi ini menjadi pertimbangan bagi badan publik untuk masuk tahap uji publik di Jawa Tengah. Puncak rangkaian kegiatan pemeringkatan ini akan diumumkan pada kegiatan KIP Awards pada akhir tahun mendatang.  




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment