Evaluasi E-Gov, Dinas Kominfo Arahkan Perangkat Daerah Bentuk Pokja E-Gov

By ADMIN 25 Sep 2019, 20:42:19 WIB Kegiatan
Evaluasi E-Gov, Dinas Kominfo Arahkan Perangkat Daerah Bentuk Pokja E-Gov

Keterangan Gambar : Kepala Bidang Statistik, Data dan TI Dinas Kominfo, Sri Palupi, SE., M.Si Memimpin Kegiatan Evaluasi E-Gov di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo


Sesuai dengan Perbup No. 52 Tahun 2017 tentang pelaksanaan dan pengembangan pemerintahan berbasis elektronik (E-Government) di lingkungan pemerintah Kabupaten Purworejo, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo kembali mengadakan evaluasi pelaksanaan e-government. Evaluasi dipimpin oleh Kepala Bidang Statistik, Data dan TI Dinas Kominfo, Sri Palupi, SE., M.Si didampingi Kasi TI, Rahayu Slamet, ST., M.Eng di Ruang Rapat Dinas Kominfo, Selasa (18/09).

Pada kegiatan yang dihadiri oleh perwakilan Perangkat Daerah di Kabupaten Purworejo ini, Sri Palupi mengenalkan System Single Sign On yang diatur dalam Peraturan Bupati. Dengan sistem ini, pengguna jaringan dapat mengakses sumber daya dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna. Secara teknis, semua login sistem informasi dapat dilakukan melalui satu identitas yakni NIK untuk pengguna pelayanan publik dan NIP untuk sistem informasi internal pemerintahan.

Selain itu, Sri Palupi juga menyampaikan terkait pembangunan maupun pengembangan aplikasi melalui pihak ketiga dan kewajiban setiap Perangkat Daerah dalam mengelola basis data sesuai tupoksi. Setiap Perangkat Daerah juga diarahkan untuk membentuk kelompok kerja (Pokja) e-government yang terdiri dari tim pengarah dan tim pelaksana.

Berdasar pada Permen PANRB Nomor 5 Tahun 2018 tentang Evaluasi SPBE melalui kegiatan pemeringkatan e-gov, Kabupaten Purworejo mendapatkan skor rata-rata 2,04 atas pertanyaan pada tiga domain yakni kebijakan SPBE, Tata Kelola dan Layanan SPBE. Skor tersebut didasarkan pada indikator pengukuran yakni informasi spesifik  dari aspek penyelenggaraan SPBE yang diukur dan dinilai tingkat kematangannya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment