Gendhing Setu Legi, Upaya Pemkab Lestarikan Budaya Jawa

By ADMIN 18 Nov 2019, 21:22:27 WIB Kegiatan
Gendhing Setu Legi, Upaya Pemkab Lestarikan Budaya Jawa

Keterangan Gambar : Gendhing Setu Legi, Upaya Pemkab Lestarikan Budaya Jawa, Sabtu (02/11)


Pemerintah Kabupaten Purworejo mengadakan kegiatan Gendhing Setu Legi dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Purworejo dan mempertahankan budaya jawa di kalangan masyarakat Purworejo. Kegiatan ini pertama kali digelar pada Sabtu malam (2/11) di Pendopo Kabupaten Purworejo.

Menjadi kegiatan perdana, kegiatan dimulai dengan penampilan Gendhing Gamelan dan penampilan tari klasik oleh seniman Purworejo. Selanjutnya kegiatan diisi dengan edukasi tata busana yang baik. Kegiatan ini rencananya akan rutin digelar setiap Sabtu Legi dan dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Sebagai salah satu cara melestarikan budaya, terdapat beberapa syarat untuk mengikuti kegiatan ini, salah satunya yakni wajib bagi peserta untuk menggunakan pakaian adat jawa, baik tradisional maupun modern. Selain itu, peserta juga diwajibkan berkomunikasi menggunakan bahasa jawa.

Berdasarkan pada tradisi adat jawa, kegiatan Setu Legi menjadi kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo yang jatuh pada hari Minggu Pahing. Dengan peringatan ini diharapkan Kabupaten Purworejo semakin baik dan maju.  
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment