HASIL EVALUASI SPBE KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2019

By ADMIN 12 Mei 2020, 12:50:07 WIB Kegiatan
HASIL EVALUASI SPBE KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2019

Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) ini merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah untuk menghasilkan suatu nilai Indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah. Ada 3 (tiga) unsur penting dalam penerapan SPBE tersebut, yaitu: Penyelenggaraan pemerintahan merupakan unsur tata kelola dari birokrasinya, kehandalan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai pengungkit (enabler) dalam pelaksanaannya, dan yang terakhir adalah kemudahan layanan pemerintah yang diberikan kepada pengguna, sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

 

Pada tahun 2019, Kementerian PANRB melakukan kegiatan Evaluasi SPBE melalui metode Evaluasi Mandiri SPBE yang dilaksanakan oleh Evaluator Internal Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah, dan metode Evaluasi Dokumen yang dilakukan oleh Evaluator Eksternal. Tujuan dilakukannya Evaluasi SPBE 2019 adalah untuk mengetahui capaian kemajuan pelaksanaan SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah dan peningkatan kualitas pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

 

Untuk Kabupaten Purworejo Angka Indeks SPBE Tahun 2019 masuk kategori baik dengan angka indeks sebesar  2.96 . Pencapaian ini mengalami kenaikan dari angka indeks tahun 2018 yang semula sebesar 2,06 pada kategori cukup.

 

Apabila dibandingkan dengan pencapaian Kab/Kota lain di eks karesidenan Kedu, pencapaian purworejo adalah yang paling tinggi:

1.  Kab Magelang      2,74

2.  Kota Magelang     2,77

3.  Kab Temanggung 2,82

4.  Kab Wonosobo     2,94

5.  Kab Kebumen      2,64

6.  Kab Purworejo      2,96

Peningkatan pencapaian indeks SPBE Kabupaten Purworejo tahun 2019 ini merupakan hasil kerjasama semua perangkat daerah yang ada dikoordinir oleh dinas Kominfo Kabupaten Purworejo

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Counter Pengunjung