Jamasan Tosan Aji, Salah Satu Ajang Tarik Wisatawan

By ADMIN 30 Sep 2019, 20:49:49 WIB Kegiatan
Jamasan Tosan Aji, Salah Satu Ajang Tarik Wisatawan

Keterangan Gambar : Jamasan Tosan Aji Berlangsung Di Depan Pendopo Kabupaten Purworejo


Menjadi kegiatan rutin di setiap tahunnya, Jamasan Tosan Aji atau prosesi pembersihan barang pusaka yang disimpan di Museum Tosan Aji ini kembali digelar secara terbuka. Prosesi jamasan berlangsung di depan Pendopo Kabupaten Purworejo, Jl. Setia Budi No.1, Jumat (27/09). Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian, SE., MM didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Purworejo dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo.

Mengusung nilai budaya, prosesi jamasan dikemas sedemikian rupa agar dapat menarik pengunjung. Meski demikian, budaya jawa yang melekat tidak mengurangi esensi dari prosesi jamasan tersebut. Hadir pula dalam kegiatan, perwakilan dari Dinas Kominfo, Plt. Kadinas, Stephanus Aan Isa Nugroho, SSTP, M.Si dan Kabid Komunikasi, Informasi dan Persandian, Dwijo Mudiarto, S.Sos., MM.

Dalam sambutanya Bupati Purworejo menyampaikan bahwa Jamasan Tosan Aji ini merupakan sebuah ritual budaya yang dilaksanakan setiap setahun sekali di bulan suro. Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke Kabupaten Purworejo. 

Selain ritual, sebelum prosesi Jamasan Tosan Aji juga ditampilkan pagelaran kuda lumping. Hal ini juga diharapkan dapat menarik antusiasme pengunjung.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment