Kebijakan Penanganan Covid 19 dan Refocusing TKDD Tahun Anggaran 2021

By ADMIN 09 Feb 2021, 15:50:22 WIB Kegiatan
Kebijakan Penanganan Covid 19 dan Refocusing TKDD Tahun Anggaran 2021

Keterangan Gambar : Rapat Kebijakan Penanganan Covid 19 dan Refocusing TKDD Tahun Anggaran 2021 dipimpin Langsung Oleh Bapak Hamdani


Purworejo - Sleasa (9/2) telah dilaksanakan rapat recofusing TKDD tahun anggaran 2021 secara virtual yang dipimpin oleh Hamdani selaku PLH Sekjen Kemendagri. Rapat digelar dalam rangka Penanganan Covid 19 2021 serta dukungan terhadap pelaksanaan instruksi menteri dalam negeri no 03 thn 2021 tentang PPKM berbasis mikro dan pembentukan posko penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan atau desa.

Terdapat beberapa pokok bahasan, pertama  gubernur, bupati dan walikota agar mengatur ppkm yang berbasis mikro melalui koordinasi mulai dari tingkat RT. Kedua mekanisme pelaksanaan ppkm mikro dilakukan dengan membangun  atau membentuk posko di tingkat desa atau kelurahan. Ketiga kebutuhan pembiyaaan dalam pelaksanaan posko tingkat desa atau kelurahan dibebankan pada anggaran masing - masing unsur anggota daerah khususnya yang berkaitan dengan apbd. 

Agar pelaksanaan dan pendanaan penanganan Covid-19  berjalan dengan lancar dan efeketif, perlu adanya dukungan, pendampingan dan pengawasan keuangan pembangunan, melakukan monitoring  dalam proses pelaksanaan tata kelola pertanggung jawaban dan pengelolaan yang berkaitan dengan APBD Daerah dan APBD desa. 

Dalam upaya penanganan covid-19, Kemendagri melakukan penyesuaian penggunaan anggaran TKDD Tahun 2021. Diharapkan Pemda melakukan realokasi dan refocusing anggaran sesuai prioritas nasional antara lain pelaksanaan vaksinasi Covid 19, mendukung kelurahan atau desa dalam penyediaan anggaran untuk pelaksanaan penanganan pandemi Covid 19,  tambahan tenaga kerja dalam rangka Penanganan Covid 19, belanja alat kesehatan lainnya dan kegiatan prioritas yang ditetapkan pemerintah. 

Dalam rapat tersebut Hamdani mengatakan bahwa sebaik apapun kebijakan tanpa adanya kerjasama dan kedisiplinan yang baik maka masalah Covid 19 sulit diatasi. "Sebaik apapun kebijakan yang dikeluarkan tanpa adanya kerjasama dan kedisiplinan yang baik antar pemerintah dan pemda maka masalah pandemi Covid 19 akan sulit diatasi". (Farah)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Counter Pengunjung