Mentri Pertanian Resmikan Kampug Benih Hortikultura Kabupaten Purworejo.
Mentri Pertanian Resmikan Kampug Benih Hortikultura Kabupaten Purworejo.

By ADMIN 09 Nov 2022, 16:00:43 WIB Kegiatan
Mentri Pertanian Resmikan Kampug Benih Hortikultura Kabupaten Purworejo.

Keterangan Gambar : Mentri Pertanian Resmikan Kampug Benih Hortikultura


Menteri Pertanian Prof Dr H Syahrul Yasin Limpo SH Msi MH meresmikan kampung benih hortikultura di Desa Bedono Karangduwur Kecamatan Kemiri pada Rabu (9/11). Acara peresmian kampung benih hortikultura ditandai dengan pemotogan pita dan penandatanganan prasasti.

Penandatanganan dan pemotongan pita dilakukan oleh Menteri Pertanian, didampingi Dirjen Hortikultura Dr Prihasto Setyanto SP MSc, Direktur Perbenihan Dr Inti Pertiwi Nashwari SP MSi, Bupati RH Agus Bastian SE MM, dan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH.

Dalam sambutannya Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kabupaten Purworejo mempunyai kelebihan dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Indonesia, karena Purworejo memiliki satu kampung yang bahkan melegitimasi dirinya menjadi kampung hortikultura. Hal ini menjadi sesuatu yang sangat berharga, karena masyarakat Purworejo peduli dengan bangsanya melalui pembibitan yang dihasilkan.

Mentan menambahkan, pertanian itu sangat penting dan strategis bagi sebuah bangsa, karena bangsa akan kuat jika sektor pertaniannya kokoh. “Kalau sebuah bangsa bersoal dengan pertanian dan makanan, maka bangsa itu akan rontok dan tidak kokoh,” jelasnya.

Sementara Wabup Yuli Hastuti mengungkapkan, Kabupaten Purworejo memiliki 7 (tujuh) penangkar benih yang terdaftar di Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB). Selain itu, ada ratusan petani pembuat benih tanaman hortikultura dengan produksi mencapai 7 juta benih yang sudah menyebar ke seluruh Indonesia dengan potensi bisnis di atas Rp 140 miliar per tahun.

“Kabupaten Purworejo sudah mempunyai varietas hortikultura, yaitu manggis varietas Kaligesing dan durian varietas Sekatap. Sehingga dengan dicanangkannya kampung benih hortikultura ini, diharapkan potensi-potensi ekonomi di sektor perbenihan akan lebih tergali,” jelasnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter



Counter Pengunjung