Optimalisasi PPID, Dinkominfo Adakan Rakor PPID BUMD

By ADMIN 28 Sep 2020, 10:47:50 WIB Kegiatan
Optimalisasi PPID, Dinkominfo Adakan Rakor PPID BUMD

Keterangan Gambar : Plt. Kepala Dinas Kominfo, Stephanus Aan, SSTP., M.Si memimpin kegiatan Rakor PPID BUMD (Perumda) di Ruang Kepala Dinas Kominfo pada Senin (28/09)


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pada Senin (28/09) di Ruang Kepala Dinas Kominfo. Kegiatan diikuti oleh 7 BUMD atau Perumda di Kabupaten Purworejo ini dilakukan agar kinerja PPID BUMD lebih optimal. Rakor dipimpin oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo, Stephanus Aan Isa Nugroho, SSTP., M.Si didampingi oleh Kasi Pelayanan dan Pengelolaan Informasi, Takbirom Mukhsin, S.Sos.

Dalam sambutannya, Stephanus Aan, SSTP., M.Si menyampaikan bahwa Komunikasi dan Informasi Publik merupakan prasyarat suatu instansi atau badan publik, baik Pemerintah, BUMD maupun BUMN sesuai dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14 Tahun 2008. Data dan informasi publik yang terdapat dalam UU No. 14 Tahun 2008 wajib disampaikan atau dipublikasikan kepada masyarakat melalui berbagai media yang dikelola, salah satunya website BUMD. Dalam hal ini, Dinas Kominfo Kabupaten Purworejo bersedia membantu dan menfasilitasi pembuatan subdomain informasi publik sesuai dengan ketentuan Undang-Undang.

Sebagai bagian dari Badan Publik, BUMD atau Perumda wajib menyediakan setidaknya 14 point sesuai pasal 14 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Salah satunya informasi terkait nama dan tempat kedudukan, maksud dan tujuan serta jenis kegiatan usaha, jangka waktu pendirian, dan permodalan, sebagaimana tercantum dalam anggaran dasar. Takbirom Mukhsin menambahkan agar setiap BUMD atau Perumda menetapkan Surat Keputusan (SK) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Counter Pengunjung