Pemulihan Ekonomi Mikro, Pedagang Pasar Jadi Target Utama Vaksinasi

By ADMIN 09 Feb 2021, 15:09:40 WIB Kegiatan
Pemulihan Ekonomi Mikro, Pedagang Pasar Jadi Target Utama Vaksinasi

Keterangan Gambar : Rapat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dipimpin langsung oleh Bapak Ganjar Pranowo


Purworejo – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memimpin Rapat Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Provinsi Jawa Tengah secara virtual pada hari Senin (8/2). Mewakili Pemda Purworejo  hadir Wabup Purworejo, Yuli Hastuti, SH, Sekda Drs Said Romadhon, Kadinas Kesehatan, dr. sudarmi dan Plt Kadin Kominfo, Stephanus Aan SSTP., M.Si.

Dalam rapat tersebut, Gubernur menyampaikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berperan mensukseskan kebijakan 2 hari “Di Rumah Saja” pada tanggal 6 dan 7 Februari, khususnya Pemerintah Kabupaten dan Kota. Selain evaluasi kebijakan tersebut, Gubernur juga menyampaikan persiapan pelaksanaan PPKM Mikro. Berdasarkan evaluasi, sebanyak 91% telah menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur dan sisanya menyesuaikan peraturan Mendagri.

Terkait pelaksanaan PPKM mikro, Ganjar menambahkan, akan dikoordinasikan pada level Kelurahan atau Desa bahkan RT. Diharapkan setiap desa atau kelurahan dapat menyediakan fasilitas isolasi mandiri bagi warganya untuk menghindari adanya klaster keluarga.

Untuk Pemerintah Kabupaten atau Kota diharapkan segera menyiapkan puskesmas di masing-masing daerah sebagai garda terdepan pencegahan penyebaran COVID-19 melalui kegiatan tracing. Pemda juga dapat melibatkan bantuan dari TNI/ Polri serta Peran jogo tonggo untuk mencegah stigma negatif, mencukupi kebutuhan pokok, dan mengkondisikan keluarga.

Untuk kegiatan vaksinasi, Ganjar menyampaikan Jawa Tengah menduduki posisi tertinggi secara nasional yakni 79%. Sesuai arahan Presiden dalam pemulihan ekonomi nasional, Pedagang menjadi golongan prioritas yang divaksin selanjutnya. Diharapkan setiap Kabupaten atau Kota segera menyiapkan data pedagang pasar. Rencananya, vaksinasi akan dilaksanakan minggu terakhir bulan Februari di pasar Solo dan Semarang sebagai tempat uji coba pertamanya.

" Presiden mungkin sedikit akan merubah kebijakan, kalau yang dulu pertama nakes yang kedua pelayan publik maka pada saat yang sama kita akan memasukkan masyarakat, mayarakat yang menjadi target kita adalah pedagang - pedangang pasar khususnya pasar tradisional". (Agustin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Counter Pengunjung