Pengaduan Masyarakat LaporGub Jadi Bahan Kebijakan Pemprov

By ADMIN 30 Nov 2020, 14:58:23 WIB Kegiatan
Pengaduan Masyarakat  LaporGub Jadi Bahan Kebijakan Pemprov

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan pertemuan Tim Penghubung PIC LaporGub di Lor In Hotel pada Selasa (24/11) lalu. Kegiatan diikuti oleh perwakilan 13 PIC dari Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, salah satunya dari Dinas Kominfo Kabupaten Purworejo yang diwakili oleh Indarto Timbul Prastowo, S.Sos., MM. Berada pada situasi pandemi, kegiatan berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Pada kegiatan tersebut, ditegaskan kembali alur Pengaduan pada LaporGub dan SOP yang harus dilakukan oleh setiap PIC. Disampaikan pula beberapa sumber aduan yang masuk pada kanal aduan LaporGub antara lain dari aplikasi android, website, telepon, sms, WA dan aplikasi SP4N-LAPOR. Sebagai evaluasi penggunaan aplikasi LaporGub, PIC diwajibkan mengisi survey. 

Berdasarkan data yang direkap hingga awal November 2020, data jumlah aduan sejak tahun 2017 melalui kanal LaporGub terus meningkat. Total laporan masuk sebanyak 55.726 dengan sumber terbanyak melalui website dan android.

Purworejo menduduki peringkat ke 4 dalam penyelesaian aduan setelah Klaten, Boyolali dan Kebumen. Terdapat 3 isu tertinggi selama 3 bulan terakhir yaitu terkait kelangkaan pupuk, pemerataan bansos dan pembelajaran tatap muka. Data pengaduan ini kemudian dijadikan bahan analisis guna pengambilan kebijakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Diharapkan PIC dapat menjawab aduan dengan jawaban yang padat dan jelas atau memberikan jawaban edukatif kepada masyarakat. PIC juga diwajibkan untuk menjaga kerahasiaan data pelapor sesuai aturan hukum yang berlaku.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Counter Pengunjung