Purworejo temukan Warisan Budaya Baru

By ADMIN 24 Feb 2021, 14:28:45 WIB Kegiatan
Purworejo temukan Warisan Budaya Baru

Keterangan Gambar : Pembacaan Doa untuk mengawali CVP


Dalam rangka menyambut hari jadi Purworejo ke-190, Dinkominfo mengadakan Critical Voice Point dengan tema “ Perpektif Baru di Purworejo : 190 tahun Membangun”. CVP ini dilaksanakan pada Rabu (24/2) di Command Center. Turut hadir dalam acara tersebut Ass. admnstrsi dan kesra Drs. Pram Prasetyo Achmad, MM, Plt. Kadin Kominfo Stephanus Aan SST, M.Si, Kabid KIP Fathur Rochman dan staff dinkominfo lainnya.

Memasuki usia ke 190 tahun, penting adanya pemahaman sejarah Purworejo melalui perspektif yang sama, oleh karena itu hadir Prof. Peter Carey, Prof. Dr. Bambang Purwanto, MA, sebagai narasumber dan Dr. Sudibyo, M.Hum sebagai moderator. Topik yang diangkat mengenai Purworejo dipanggung Sejarah dan Warisan Mutiara Jati Diri Purworejo dalam Perspektif baru Sejarah.

Berbicara mengenai sejarah Purworejo tidak lepas dari cerita Bagelenan. Belum lama ini ditemukan warisan budaya baru seperti Wayang Gagrag Bagelenan, corak batik, dan sastra terkait. Prof. Bambang menyampaikan bahwa perlu adanya upaya untuk terus menggali warisan budaya. Dirinya berharap Purworejo bisa terus maju tanpa melupakan kearifan lokal dari desa.

Dari hasil diskusi melalui forum CVP ini, Plt. Kadin Kominfo menyimpulkan beberapa hal penting yang harus digarisbawahi. “Pada prinsipnya kami menekankan bahwa pemerintah kabupaten Purworejo dalam rangka pembangunan kedepan tentu akan membuka ruang seluas-luasnya bagaimana kemudian perspektif baru sejarah Purworejo membangun daerah ini menjadi maju, tanpa meninggalkan jati diri Bagelenan itu menjadi point penting yang luar biasa. Kesimpulan yang luar biasa untuk hari ini, tentu pemerintah Kabupaten Purworejo tidak mampu untuk  menjalankan itu sendiri tanpa dukungan dan partisipasi dari semua pihak”. (Ayu & Agustin)




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter


Counter Pengunjung