Ikut KSPN Borobudur, Purworejo Susun Masterplan Smart City

By ADMIN 28 Jun 2021, 20:12:28 WIB Kegiatan
Ikut KSPN Borobudur, Purworejo Susun Masterplan Smart City

Keterangan Gambar : Kegiatan Bimbingan Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Purworejo di Ruang Arahiwang, Setda pada Senin-Selasa (28-29/06)


Sebagai salah satu Kabupaten pada Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, Pemerintah Kabupaten Purworejo mulai melakukan penyusunan masterplan Smart City. Kegiatan yang didampingi oleh pihak Dewan Smartcity sebagai pembimbing ini berlangsung di Ruang Arahiwang pada Senin (28/06).

Dalam sambutannya, Bupati Purworejo, Agus Bastian, SE., MM menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan dilaksanakan dengan mematuhi protocol kesehatan yang ketat. Kegiatan  bimbingan dilakukan secara hybrid, yakni kolaborasi sistem daring dan luring dengan 30 % peserta secara offline.

Dalam penyusunan masterplan, selain Dewan Smart City, terdapat tim pembimbing yang menyampaikan program pendampingan Gerakan Menuju 100 Smart City. Salah satu pembiming, Prof. Yudho Giri Sucahyo, dosen dari Universitas Indonesia juga menyampaikan terkait teori, arah kebijakan, kelembagaan dan tata kelola/ tata pamong Smart City.

Terapat enam strategi dalam pembangunan Smart City antara lain smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment. Bimbingan berlangsung selama dua hari dengan beberapa tahap diskusi. Point  yang disusun antara lain terkait arah pembangunan daerah jangka menengah dan jangka panjang, kesiapan daerah dalam implementasi Smart City, mulai dari struktur SDM, managemen, dan pembiayaan, infrastruktur fisik, TIK dan sosial, serta Peraturan Daerah, kelembagaan dan pelaksanaanya. Selain itu juga terkait perkembangan / pengalaman pembangunan TIK dan inovasi daerah.

Melalui bimbingan ini, diharapkan dapat dihasilkan analisa kesenjangan kesiapan Smart City serta penyusunan prioritas pembangunan Smart City daerah dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang. Kegiatan diakhiri dengan audiensi dari tim pembimbing dengan Kepala Daerah. (Irkham/NIS)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Instagram

Twitter



Counter Pengunjung