Dinkominfostasandi Purworejo Sosialisasikan Layanan 112 Pada Pelajar

By ADMIN 04 Sep 2024, 15:42:30 WIB Kegiatan
Dinkominfostasandi Purworejo Sosialisasikan Layanan 112 Pada Pelajar

Keterangan Gambar : Bapak Rahayu Slamet, ST, M.Eng Memberikan Materi Pada Pelajar


Purworejo, Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo – Rabu, 4 September 20244 September 2024 Sosialisasi layanan darurat 112 pada SMA NEGERI 11 Purworejo, Acara dibuka oleh Kabid Pengembangan dan Pengelolaan Layanan Kota Cerdas Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo, Rahayu Slamet, ST, M.Eng, 112 adalah layanan yang dapat digunakan saat terjadi keadaan darurat dengan menghubungi nomor 112 dan akan terhubung dengan Pusat Panggilan Darurat (Call Center 112) yang dibangun oleh pemerintah Kabupaten Purworejo. Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengingat nomor darurat, mempercepat penanggulangan keadaan darurat, serta mempermudah koordinasi antar instansi terkait. Layanan 112 ditujukan kepada masyarakat yang ingin melaporkan kejadian darurat di sekitarnya seperti kecelakaan, kebakaran, bencana, tindak kriminal, keadaan darurat medis, bahkan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tanpa harus mengingat berbagai nomor layanan darurat yang berbeda-beda.

 

Layanan 112 bekerja dengan cara menghubungkan panggilan darurat dari masyarakat Purworejo ke pusat komando (dispatcher) yang kemudian akan meneruskan laporan tersebut ke instansi terkait. Misalnya, jika terjadi kecelakaan, dispatch akan menghubungi dinas pemadam kebakaran dan paramedis terdekat. Sistem ini juga didukung oleh teknologi telekomunikasi yang memungkinkan pelacakan lokasi penelepon, sehingga petugas dapat bertindak dengan tepat dan cepat. Dengan dilakukannya sosialisasi, kesadaran masyarakat akan layanan 112 pun dapat meningkat, begitu juga keefektifan layanannya. Selain sosialisasi, pemerintah juga harus memerhatikan seberapa cepat koordinasi dispatch dengan instansi terkait. Pemerintah perlu memerhatikan apakah pusat komando 112 sudah dilengkapi dengan teknologi telekomunikasi terbaru dan petugas yang terlatih.

 

Masyarakat harus diberi edukasi terkait penggunaan 112. Masyarakat harus memahami bahwa layanan 112 hanya digunakan untuk situasi darurat yang memerlukan respons cepat karena panggilan yang tidak mendesak atau berbentuk prank akan memperhambat respons terhadap keadaan darurat yang sebenarnya. Setiap orang yang memberikan informasi tidak benar kepada Pusat Pelanggaran Darurat akan diberikan sanksi sesuai dengan perundang-undangan. Layanan panggilan darurat 112 memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan masyarakat di Indonesia. Penggunaan yang efektif dari layanan ini membutuhkan kerja sama antara pemerintah, instansi terkait, dan masyarakat. Dengan edukasi yang tepat, infrastruktur yang memadai, serta koordinasi yang baik antar instansi, layanan 112 dapat menjadi solusi cepat dan efektif dalam menangani berbagai situasi darurat di Indonesia.




Berita Purworejo

Instagram


Counter Pengunjung