Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan, PPID Kabupaten Purworejo Kunjungi PPID Kota Depok

By ADMIN 16 Okt 2018, 15:25:26 WIB Kegiatan
Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan, PPID Kabupaten Purworejo Kunjungi PPID Kota Depok

Keterangan Gambar : Pemerintah Kabupaten Purworejo Kunjungi PPID Utama Kota Depok (11/10)


Dalam rangka meningkatkan kepasitas pengelolaan dan pelayanan informasi publik, PPID Pemerintah Kabupaten Purworejo mengadakan kunjungan ke PPID Utama Kota Depok yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok. PPID dari Purworejo yang turut serta dalam kunjungaan yakni Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purworejo selaku PPID Utama dan Dinas PMPTSP, Dinas Dukcapil, dan RSUD Tjitro Wardojo selaku PPID Pembantu. Kunjungan dilakukan pada Rabu dan Kamis, 10-11 Oktober lalu. Rombongan dipimpin oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan, Sumharjono, S.Sos., MM dan Kepala Dinas Kominfo Purworejo, Drs. Sigit Budimulyanto, MM.
 
Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Dewi Retno Utami menuturkan, PPID Kota Depok mendapatkan juara 3 dalam Monev KIP (Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik)  di Jawa Barat. Dewi juga menyampaikan sekilas profil Kota Depok dan Dinas Kominfo Kota Depok.
 
Menanggapi hal ini. ketua rombongan dari Kabupaten Purworejo, Suhmarjono, S.Sos., MM juga menceritakan sekilas profil Kabupaten Purworejo sekaligus menyampaikan tujuan kunjungan yakni untuk meningkatkan kapasitas pengelola informasi publik baik dalam segi pengetahuan, wawasan maupun kemampuan dalam melayani informasi publik, khususnya PPID.
 
Terkait PPID, Nasrudin, SH., M.Si selaku Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik menyampaikan bahwa website merupakan poin tertinggi dalam penilaian Monev KIP. Website PPID Utama terintegrasi dengan PPID pembantu sehingga kegiatan yang diunggah dalam PPID Pembantu langsung ter-update pada PPID Utama. Sebagai bentuk layanan informasi, pada website juga telah dijelaskan berbagai SOP seperti SOP Penyusunan DIP, SOP Pelayanan Permohonan Informasi Publik, SOP Penanganan Keberatan Informasi Publik, serta SOP Sengketa Informasi Publik.  Disediakan pula ruangan khusus sebagai pelayanan PPID secara langsung di area Kantor Dinas Kominfo Kota Depok. PPID Utama dan PPID Pembantu juga rutin melakukan pertemuan dan workshop setiap 3 bulan sekali untuk mengumpulkan data dari berbagai OPD.
 
Selain PPID, Dinas Kominfo Kota Depok juga memberikan pelayanan pengaduan masyarakat dalam 3 jenis layanan yakni Panggilan darurat 112, Aplikasi android "Sigap Depok", dan DSW (Depok Single Window). Dalam hal diseminasi informasi, terdapat 20 petugas yang diterjunkan ke lapangan. Penyebaran informasi tersebut dilakukan melalui berita online dan media sosial.



Berita Purworejo

Instagram


Counter Pengunjung