Tingkatkan Literasi Digital, Mafindo Wilayah Purworejo Gelar kelas Prebunking

By ADMIN 21 Sep 2023, 16:15:27 WIB Kegiatan
Tingkatkan Literasi Digital, Mafindo Wilayah Purworejo Gelar kelas Prebunking

Masyarakat Antifitnah Indonesia (MAFINDO) melaksanakan kelas Prebunking sebagai upaya untuk memperkuat dan mencegah hoaks sebelum muncul dan beredar. Dalam program ini, Mafindo bekerjasama denga AJI dan AMSI yang didukung oleh Cekfakta.com dan Google New Initiative. Kegiatan ini berlangsung secara luring di Gedung PKPRI Purworejo(20/9).

Hadir dalam acara tersebut Neira Anjar Pujisusilo, S Kom M Eng dari Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo dan juga Anggota KPU Purworejo Akmaliyah, S Pd I M Pd. Narasumber dari Mafindo Korwil Wonosobo Astin, Koordinator Wilayah Purworejo Kasihani SE, dan Relawan Mafindo dari Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo Okti Nugrahaini.

Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo Neira Anjar Pujisusilo, S Kom M Eng mengapresiasi Mafindo Purworejo karena telah mengajak Dinkominfostasandi sebagai instansi pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi di bidang komunikasi publik dan juga memantau informasi yang beredar di masyarakat.



Dalam sambutannya Neira menyampaikan “Seperti pada pemilu-pemilu sebelumnya dan yang akan kemungkinan terjadi, hoaks beredar cukup tinggi menjelang pemilu 2024. Kelas prebunking ini sangat penting untuk dilakukan agar tingkat hoaks menurun. Para PPK dan Panwascam dapat menyikapi dengan siaga sejak dini sebelum disinformasi/ misinformasi diterima dan menyebar di masyarakat” harapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 75 peserta terdiri dari perwakilan Polres Purworejo, Perwakilan Dinkominfostasandi Purworejo, perwakilan KPU Purworejo, dan Perwakilan Bawaslu Purworejo.


Sementara itu, Kasihani dalam materinya mengungkapkan “Dalam membedah anatomi manipulasi informasi, peserta diajak untuk menyelami alur berfikir si pelaku pembuatan berita bohong dengan cara  AKTM, yaitu mengidentifikasi, aktor dan tujuan, Konten, taktik dan modus seseorang membuat berita bohong ” katanya.

Pada kelas prebunking ini, peserta diajarkan untuk memeriksa fakta, membongkar hoaks dan mencegah hoaks.

 




Instagram


Counter Pengunjung